Tuesday, June 10, 2008

I Made Djimat Bakal Tampil Dalam Festival Il Centro e La Circonferenza di Bergamo

I Made Djimat -- seorang seniman besar asal Bali, bersama 5 orang penari dan 5 orang pemain gamelan Bali yang tergabung dalam group kesenian “Panti Pusaka Bali” akan mengikuti Festival Internationale di Teatro, Musica e Danza (Festival Teater, Musik dan Tari Internasional) Il Centro e La Circonferenza (Pusat dan Sekelilingnya) yang ketiga di Kota Bergamo, Italia yang berlangsung mulai tanggal 6 Juni hingga tanggal 5 Juli 2008.


Dalam Festival Il Centro e La Circonferenza tahun 2008 atau yang ke tiga kali diadakan di Bergamo, Italia ini merupakan festival intersection atau festival yang mempertemukan antara berbagai seniman besar di dunia, baik seniman teater kontemporer, seniman tradisional Asia dengan unsur kebudayaan regional/setempat seperti unsur budaya Sardinia, Lombardia dan perairan Mediterrania. Selain menampilkan Kesenian Bali dari Indonesia, festival ini juga diikuti oleh beberapa kelompok teater modern dari Amerika Serikat, Polandia, Swiss dan Italia.


Menurut rencana group kesenian Bali yang dipimpin oleh I Made Djimat ini akan menampilkan beberapa tarian dan gamelan Bali seperti “Tabuh Sekar Gendot, Kebyar, Baris, Tari Legong dan Tari Topeng”. Pertunjukan yang diberi judul La Danza dei Re (Tarian Raja) ini akan dipertunjukkan di Teatro della Societa di Kota Lecco pada hari Kamis tanggal 12 Juni 2008 pukul 21.00 malam dan Jumat tanggal 13 Juni 2008 pukul 22.00 di Auditorium Piazza Liberta, Kota Bergamo dengan harga tiket dijual sebesar €12.


Disamping pementasan Danza dei Re yang bakal mementaskan tari-tarian Bali tersebut, I Made Djimat, maestro Bali yang sebelumnya pernah mengadakan pentas di berbagai negara-negara seperti di Eropa, Asia, Amerika Serikat, Brazil dan Mexico juga akan memberikan sebuah seminar mengenai tari Bali kepada masyarakat Italia yang tertarik untuk lebih mengenal dan belajar menari Bali. Seminar ini akan berlangsung dari tanggal 11 s/d 13 Juni 2008.


Sehubungan dengan keikutsertaan I made Djimat dan group kesenian Bali Panti Pusaka Bali ini KBRI juga mengajak masyarakat Indonesia beserta keluarga mereka yang tinggal di Utara Italia khususnya di Regione Lombardia atau Milano, Bergamo, Lecco, Como dan sekitarnya untuk dapat berpartisipasi menyaksikan pertunjukan kesenian dari Indonesia ini.


Setelah mengikuti festival ini, I Made Djimat dan group kesenian Balinya pada tanggal 14 Juni 2008 akan berangkat menuju ke Casablanca, Maroko untuk selanjutnya akan mengikuti Sacred Music Festival. Kehadiran I Made Djimat dan kelompok kesenian Bali ini ke Italia dalam rangka mengikuti festival ini diorganisir oleh Anmaro Asian Arts yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda.

Reports by Pramudya Sulaksono


No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map