Wednesday, April 9, 2008

Dubes RI Roma Resmikan Puskesmas Alba-Nizza di Gantiwarno, Klaten, Bantuan Warga Kota Alba dan Nizza, Italia

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LB&BP) Republik Indonesia untuk Republik Italia, Malta dan Siprus serta Badan Badan Dunia FAO, IFAD dan WFP yang berkedudukan di Roma, Susanto Sutoyo, pada hari Senin tanggal 7 April 2008 pukul 10.00 pagi, telah meresmikan Gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang bernama “Alba-Nizza” di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang merupakan bantuan dari warga kota Alba dan Nizza Monferrato, Italia.

Dalam acara peresmian Puskesmas di Gantiwarno, Klaten ini Duta Besar RI antara lain disertai oleh Dr. Roberto Cerrato, Wakil Walikota Alba dan Dott. Maurizio Carcione, Walikota Nizza Monferrato menyerahkan Puskesmas tersebut kepada Pemda Kabupaten Klaten yang diwakili oleh Wakil Bupati Klaten, Samiadji mewakili Bupati Klaten dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah mewakili Gubernur Propinsi Jateng.

Bantuan Puskesmas “Alba-Nizza”, di Klaten ini merupakan bentuk kepedulian Masyarakat Italia khususnya warga Kota Alba dan Nizza Monferrato, Regione Piemonte, Italia kepada Indonesia, khususnya kepada masyarakat di Kecamatan Gantiwarno, Klaten setelah pada tanggal 27 Mei 2006 yang lalu tertimba musibah gempa bumi di Yogyakarta dan sebagian Provinsi Jawa Tengah yang telah menelan korban sekitar 6.500 jiwa, diantaranya tercatat 1.600 jiwa di Klaten, serta menghancurkan tempat tinggal penduduk sekitar 7.000 rumah.

Italia merupakan salah satu negara pertama yang datang membawa bantuan kemanuasiaan ke Klaten, mengingat konsentrasi bantuan luar negeri pada waktu itu banyak terkonsentrasi di Yogyakarta. Pada tanggal 1 Juni 2006 yang lalu, Pemerintah Italia yang dipimpin oleh Dr. Agosto Miozzo dari Italian Civil Protection Office memberikan bantuan kemanuasiaan yang dipusatkan di Kabupaten Klaten berupa 20 tenaga medis dan paramedis, 1 buah rumah sakit lapangan, tenda darurat dan 40 ton obat-obatan.

Sementara itu masyarakat di Italia, khususnya warga kota Alba dan Nizza Monferrato kemudian mengorganisir pengumpulan dana sukarela untuk diberikan kepada masyarakat Klaten. Dr. Cerato kemudian mendirikan INSIEME Per L’Indonesia (BERSAMA Untuk Indonesia) dan menyampaikan gagasannya kepada KBRI Roma untuk merealisasikan bantuan pembangunan sebuah Puskesmas di daerah tersebut.

Dr. Roberto Cerrato, Dott. Maurizio Carcione dan Mr. Severino dari INSIEME per L’Indonesia sejak bulan April 2007 telah mengadakan pertemuan dengan pihak Pemda Klaten guna membahas rencana pembangunan Puskesmas Gantiwarno dari puskesmas non rawat inap menjadi puskesmas rawat inap yang kemudian diikuti dengan penandatanganan MoU antara INSIEME dan LSM Lembaga Pengkajian Ekosistem (LPPE) dengan disaksikan oleh Bupati Klaten.

Pembangunan Puskesmas senilai €50.000 di Klaten ini diharapkan akan menjadi proyek awal dan dapat menjadi landasan yang kuat untuk kerjasama yang semakin baik dimasa mendatang antara Indonesia dan Italia, terutama antara Provinsi Jawa Tengah termasuk Kabupaten Klaten dan Kota Alba dan Nizza Monferarato di Regione Piemonte, Italia, sehingga terbuka kesempatan yang luas bagi peningkatan hubungan bisnis, kerjasama perdagangan dan investasi antara kedua negara.
Reports by Pramudya Sulaksono
Photo by Bagus Rachmat

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map