Thursday, April 24, 2008

Konferensi Pers untuk Memperkenalkan Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia


Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia (Associazione per la Cooperazione, Economica e Sociale Tra L’Italia e L’Indonesia) telah mengadakan sebuah Konferensi Pers yang bertujuan memperkenalkan Asosiasi tersebut kepada publik di Italia pada tanggal 21 April 2008 bertempat di Sala Stampa del Parlemente, Camera dei deputati, Via della Missione 4, Roma, Italia.

Konferensi Pers antara lain dihadiri oleh Ketua Asosiasi Hon. Sandra Cioffi -- anggota Komisi III Chamber of Deputies Italia yang membawahi hubungan luar negeri -- dan Executive Board/Board of Administration Asosiasi yang terdiri dari anggota parlemen, pengusaha, akademisi, seniman dan budayawan, para Indonesianis (pecinta Indonesia) di Italia. Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LB&BP) RI untuk Republik Italia, Malta, Cyprus dan Badan-Badan PBB FAO, IFAD dan WFP, Susanto Sutoyo juga berkesempatan hadir dengan didampingi oleh beberapa home staff KBRI Roma.

Dalam pernyataannya, Hon. Sandra Cioffi mengemukakan bahwa sudah saatnya melakukan aktivitas konkrit untuk memajukan kerjasama kedua negara melalui Asosiasi ini, sehingga diharapkan hubungan Italia-Indonesia akan semakin meningkat melalui kunjungan antara pejabat pemerintah, anggota Parlemen, wisatawan kedua negara. Untuk itu perlu adanya kerjasama yang erat di bidang budaya, peningkatan kerjasama antara Universitas antara kedua negara.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Duta Besar RI Roma antara lain menyambut baik terbentuknya Asosiasi ini seraya menyampaikan bahwa di produk produk Italia sudah sangat populer di Indonesia. Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi pasar Italia sebagai penghubung untuk negara-negara di AsiaTenggara dan Pasifik, disamping itu Duta Besar RI juga mendorong masyarakat Italia untuk mengunjungi Indonesia yang kaya dengan budaya dan keindahan alamnya. Untuk itu Dubes RI percaya bahwa dengan terbentuknya Asosiasi ini maka jarak antara Indonesia dan Italia bukan merupakan kendala

Proses pendirian Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia ini memakan waktu cukup panjang, yaitu sekitar dua tahun dan secara administratif Asosiasi ini telah berdiri setelah penandatanganan MoU dan Statuta antara Ketua Asosiasi dengan Dubes RI Roma pada tanggal 10 Maret 2008 di KBRI Roma.

Aktivitas


Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia ini dibentuk atas dasar inisiatif pada level pemerintah dan parlemen untuk meningkatkan kontak dan saling kunjung antara anggota parlemen kedua negara sehingga dapat mendukung peningkatan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Sementara pengaturan di dalam asosiasi ini dikoordinasikan melalui sektor dan kelompok-kelompok khusus yang dibentuk dengan harapan dapat lebih meningkatkan kerjasama di berbagai bidang.

Selanjutnya diharapkan juga bahwa Asosiasi akan secara aktif dapat melakukan promosi untuk peningkatan saling kunjung dan kerjasama (joint ventures) antara perusahaan-perusahaan Italia dan Indonesia melalui riset dan penggunaan kesempatan-kesempatan potensial termasuk bekerjasama dengan partner lokal dari Asosiasi. Pelaksanaan kegiatan tersebut akan selalu dikoordinasikan dengan lembaga-lembaga pemerintahan dari kedua negara dimulai dari perwakilan diplomatiknya.

Disamping itu, Asosiasi juga mengupayakan keterlibatan sebanyak mungkin perwakilan dari lembaga dan perusahaan Italia, termasuk di bidang kebudayaan dan ilmu pengetahuan, untuk memperkenalkan Asosiasi ini pada instansi Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang politik dan budaya untuk melakukan kunjungannya ke Italia.

Sementara tujuan lainnya adalah bahwa Asosiasi akan memberikan informasi baik kepada partner dan lembaga serta perusahaan yang terkait dengan asosiasi, mengenai kesempatan perdagangan dan investasi langsung yang ditawarkan oleh program pembangunan yang dikembangkan di Indonesia. Lebih lanjut Asosiasi juga akan mengorganisir dan mengkoordinasikan perusahaan-perusahaan Penanaman Modal Internasional Italia yang tertarik untuk mengembangkan usahanya di pasar internasional.

Hal yang perlu dipenuhi dari aktivitas ini adalah adanya melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga di tingkat lokal (Region, Provinsi and Comune), lembaga terkait, KADIN dan industri yang beroperasi di wilayah tersebut. Kesepakatan kerjasama antara Universitas, lembaga penelitian, dan lembaga studi strategis di Indonesia dan di italia untuk bersama-sama mengembangkan kerjasama dan penelitian di bidang-bidang strategis seperti energi, keamanan dan governance juga diharapkan akan terdorong.

Sebelumnya Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia ini beberapa kali telah beberapa mengadakan pertemuan antara lain pada tanggal 15 November 2006, bertempat di Sala San Claudio, Camera dei Deputati, Roma, Asosiasi telah mengadakan Pertemuan yang bertujuan untuk mempromosikan Asosiasi dihadiri oleh delegasi dari parlemen Indonesia, deputi, senator, jurnalis dan para pengusaha Indonesia. Pertemuan ini dihadiri pula oleh Duta Besar RI Roma. Kemudian pada tanggal 27 Maret 2007 bertempat di Sala delle Colonne, Camera dei Deputati, Roma, Asosiasi Italia-Indonesia ini juga telah mengadakan Pertemuan dan Presentasi Publik.

Program


Beberapa Program Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia yang telah dijadwalkan untuk tahun 2008 antara lain adalah melakukan Kunjungan Delegasi Italia (dengan Ketua Asosiasi) untuk melakukan pertemuan dengan para pejabat dan contact persons di Indonesia, sementara waktu dan tempat akan ditentukan kemudian. Pada Musim Gugur 2008 (September – Desember), Asosiasi akan mengadakan Konferensi Indonesia-Italia dengan tema : Peningkatan kerjasama antara kedua negara.

Seterusnya program program lainnya yang waktu dan tempatnya belum dipastikan antara lain adalah melakukan studi banding dengan mengirimkan pengusaha Italia ke Indonesia dan sebaliknya, Pertukaran kebudayaan dan pengetahuan antara dua negara dan peningkatan ICT (Information, Communication and Technology), Presentasi Produk Italia “Made in Italy” di setiap pameran di Indonesia serta mengadakan kursus pelatihan dan pengembangan untuk Asosiasi.

Asosiasi ini merupakan wahana potensial bagi pengembangan kerjasama antara Indonesia dan Italia yang apabila dikembangkan secara maksimal, akan membawa manfaat yang besar bagi Indonesia. Dengan pendirian Asosiasi ini, hubungan bilateral Indonesia dan Italia menjadi semakin erat karena Asosiasi ini dapat memfasilitasi kerjasama antara kedua negara di berbagai bidang pada tingkat grass root yang akan meningkatkan people-to-people contact.
Reports and Photo by Pramudya Sulaksono

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map