Thursday, March 6, 2008

Museum Garibaldi (Complesso Monumentale San Pietro), Marsala, Sicilia, Italia

Di dalam kompleks museum ini terdapat Museo Civico dengan ruangan khusus untuk sejarah pahlawan pemersatu Italia yaitu “Garibaldi”. Giuseppe Garibaldi dengan tentara yang berjumlah 1000 yang terkenal dengan sebutan Mille – seribu personil, pasukannya mendarat di Pulau Sicilia tepatnya di pelabuhan Lilybeo (pelabuhan Marsala) pada tanggal 11 Mei 1860, setelah itu Dynasti Borboni dari Kerajaan Sicilia-Reggio di Calabria yang kekuasaannya hingga selatan semenanjung Italia jatuh dan menyerah takluk dibawah bendera Kerajaan Italia.

Lenyapnya Kerajaan Dua Sicilia (Sicilia-Regio Calabria) menimbulkan spekulasi pertanyaan apakah tidak muncul sikap loyalitas bangsa Sicilia sebagai “as a nation” (suatu bangsa) terhadap unifikasi Republik Italia?. Berdasarkan pengamatan maka dapat diketahui bahwa diakui atau tidak terdapat sebagian kecil masyarakat Sicilia yang masih timbul sikap nasionalis mereka sebagai bangsa Sicilia sebagaimana dimasa lampau. Namun sikap tersebut agaknya sudah banyak terkikis dengan kondisi anak anak muda Sicilia sekarang yang beranggapan bahwa bahwa sosok Garibaldi merupakan bapak Unifikasi Italia yang berdampak luas dengan modernisasi Italia di jaman sekarang.

Oleh karena itulah maka Kota Marsala dianggap sebagai kota yang penting bagi mereka yang ingin mengetahui atau mengadakan riset mengenai kehidupan pahlawan Garibaldi Unifikasi Italia. Sebelum menjadi Kerajaan Italia yang dalam perkembangnnya menjadi Republik Italia, Italia merupakan perluasan Kerajaan Sardinia dengan Kerajaan-kerajaan lainnya seperti Tuscano, Parma, Vatican, Modena, Lombardia, Dua Sicialia (Sicilia-Regio Calabria) dan kekuasan bekas Kekaisaran Austria (Utara) di daerah Trentino–Alto Adige). Kekuasaan Vatican akhirnya mengecil hingga sekarang dan Kerajaan San Marino sampai sekarang masih bertahan sebagai kerajaan kecil tanpa ikut unifikasi Italia.




Di dalam kompleks ini juga terdapat tempat untuk memutar film di arena terbuka juga terdapat suatu auditorium ruangan seminar/konferensi yg juga dapat digunakan untuk memutar film dokumenter serta perpustakaan tempat menyimpan buku-buku di Comune Marsala.

Reports Yenni L. Calvi

Edited/Photos by Pramudya Sulaksono

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map