Thursday, March 6, 2008

Tindak Lanjut Kerjasama KBRI Roma dengan Universita degli Studi di Napoli (UNO) Melalui Kuliah Umum


Bertempat di Aula Biblioteca M. Taddei, Palazzo Corigliano, Piazza San Domenico Maggiore 12, Kampus Fakultas Sastra dan Filsafat (Facolta di Lettere e Filosofia) Universita degli Studi di Napoli L’Orientale (UNO) Napoli, Italia pada tanggal 4 Maret 2008 yang baru lalu, telah dilaksanakan penyampaian kuliah umum oleh 4 (empat) orang pejabat/homestaff KBRI Roma di depan mahasiswa UNO.

Keempat pejabat/homestaff tersebut antara lain adalah Purnomo Ahmad Chandra, Sekretaris I Politik/Ekonomi/Malta, mengetengahkan topik yang berjudul “The Development of the Indonesian Legal System”; Dr. Erizal Sodikin, Atase Pertanian, memaparkan mengenai “Agriculture Development in Indonesia”; Danny Rahdiansyah, Sekretaris III Politik, yang memberikan pengarahan tentang “Indonesia and the Association of South East Asian Nations (ASEAN)”, serta Pramudya Sulaksono, Sekretaris I Pensosbud/Cyprus, menjelaskan mengenai “Culture of Indonesia” serta Sosialisasi Program Darmasiswa bagi mahasiswa Italia yang berminat.

Kuliah Umum di depan mahasiswa UNO ini dibuka oleh Rektor UNO, Prof. Lida Viganoni yang menyambut baik diadakannya kuliah umum ini. Penyampaian ceramah ini dilakukan selama kurang lebih 3 (tiga) jam mulai pukul 10.00 pagi hingga dengan pukul 13.00 waktu setempat dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Disamping penjelasan oleh masing masing homestaff KBRI Roma tersebut diberikan pula kesempatan pula sessi tanya jawab kepada mahasiswa-mahasiwa UNO tersebut untuk menyampaikan pertanyaannya.

Hadir dalam kuliah umum tersebut sekitar 50 (lima puluh) mahasiswa yang tergabung dari beberapa jurusan dan fakultas antara lain mahasiswa dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (Lingua e Letteratura Indonesia dei Corsi di Laurea Triennale e Specialistica), mahasiswa Doktorat Fakultas Sastra dan Filsafat (Dottorandi della Facolta di Lettere e Filosofia) dan juga mahasiswa Doktorat dari Fakultas Ilmu Politik (Dottorandi della Facolta di Scienze Politiche).

Penyampaian kuliah umum oleh homestaff KBRI Roma ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai berbagai perkembangan Indonesia ditinjau dari berbagai aspek, baik melalui aspek hukum, pertanian, peranan Indonesia sebagai negara anggota ASEAN dan juga memperkenalkan budaya Indonesia bagi mahasiswa mahasiswa di Italia umumnya dan mahasiswa UNO pada khususnya. Disamping itu, kuliah umum ini juga bermaksud untuk memberikan sosialisasi mengenai program beasiswa Darmasiswa dari Departemen Pendidikan Nasional RI kepada para mahasiswa di Italia yang sebelumnya telah banyak diikuti oleh mahasiswa dari UNO.

Penyampian kuliah umum didepan mahasiswa UNO ini pada dasarnya merupakan tindak lanjut dari kerjasama sebelumnya yang telah dirintis oleh Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LB & BP) untuk Republik Italia, Malta, Cyprus serta Badan-Badan PBB (FAO, IFAD dan WFP) yang berkedudukan di Roma, Susanto Sutoyo, tahun 2007 yang lalu dengan Prof. Sitti Faizah Soenoto Rivai.

Prof. Sitti Faizah Soenoto Rivai adalah seorang Profesor yang mengajar pada jurusan Kesusasteraan Indonesia di UNO sejak tahun 1964 dan pada tanggal 15 Agustus 2007 yang lalu telah mendapat penghargaan “Bintang Mahaputra Nararya” atau “Bintang Mahaputra Kelas V” oleh Presiden RI yang merupakan penghargaan sipil tertinggi di Indonesia karena jasa jasa beliau dalam mengembangkan Bahasa Indonesia di Italia.

Selanjutnya dengan penyampaian kuliah umum ini diharapkan bahwa kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini antara KBRI Roma dengan UNO akan dapat dilanjutkan pada waktu waktu mendatang dengan mengetengahkan pembicara-pembicara dari KBRI Roma lainnya. Disamping itu, di waktu mendatang, KBRI Roma juga berencana untuk meningkatkan kerjasama serupa dengan universitas universitas lain di Italia.
Photo and reports by Pramudya Sulaksono

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map