Thursday, March 6, 2008

Museo Degli Arazzi (Museum Tapestry), Marsala, Sicilia, Italia

Museum ini ini adalah khusus menyimpan 8 (delapan) buah arazzi atau tapestry (karpet untuk hiasan dinding) yg berasal dari Spanyol. Menurut legenda bahwa Monsignor Antonio Lombardo, Uskup di Messina pernah menolong Ratu Inggris, Maria I Tudor, putri Raja Inggris Enrico VIII, bersama armadanya ketika terkena badai di pelabuhan Marsala. Konon menurut cerita bahwa Maria Tudor, yang kemudian menjadi ratu di Spanyol karena menikah dengan Filippo II, ketika itu berte4duh di rumah Monsignor Lombardo.

Ketika pulau Sicilia berada dibawah dominasi Spanyol, semua kota di pulau tsb harus membayar upeti kepada kerajaan Spanyol, untuk itu maka kota Messina mengirim Lombardo sebagai perantara. Lombardo bukan saja berhasil meringankan upeti bahkan juga mendapat hadiah berupa 8 (delapan) buah tapestry dari Ratu Spanyol. Pada saat Monsignor Lombardo meninggal ia telah mewarisi tapestry tsb kepada Madrice di Marsala. Untuk itu maka ke-8 tapestry tsb berada di Kota Marsala. Ke-8 tapestry tersebut, terbuat dari benang wool dan sutera, mempunyai ukuran yg berbeda dan gambar-gambarnya menceriterakan mengenai perang bangsa Romawi melawan orang Yahudi dibawah kekuasaan Kaisar Tito.

Tidak diketahui secara pasti apakah tapestry itu dikerjakan oleh orang-orang Spanyol ataukah berasal dari Bruxelles/Fiamminga karena semua tapestry itu mempunyai stemma / logo B&B (Bruxelles & Braval). Dijelaskan bahwa seorang ahli tapestry hanya dapat membuat 15 cm2 tapestry perharinya, sehingga dapat dibayangkan betapa lama waktu yg diperlukan untuk membuat ke-8 tapestry tsb dengan ukuran yg terkecil (253 x 354 cm2) hingga ke ukuran yg terbesar (534 x 354 cm2). Gambar tapestry ini mengingatkan pada tapestry yang dipasang di Wisma Indonesia KBRI Roma yang memiliki corak dan ukuran yang sama.


Reports by Yenni L. Calvi
Edited/Photography by Pramudya Sulaksono

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map