Thursday, March 6, 2008

Museo Archeologico Nave Punica (Museum Arkeologi Kapal Kuno Bangsa Punic) di Baglio Anselmi, Marsala, Sicilia, Italia



Di dalam museum ini terdapat banyak benda-benda peninggalan dari zaman-ke zaman yang merupakan kesaksian betapa pentingnya kota Marsala pada masa silam. Sebelum menjadi Marsala oleh orang Arab, jauh hari sebelumnya kota ini dahulu bernama Lilybeo yg berasal dari kata bhs Arab Lily = air, Boeo = Eubei, kemungkinan nama penduduk sebelum orang-orang Punic. Nama Lilybeo juga mempunyai arti “didepan Libya”.

Bangsa Punic – (Fenici : Bahasa Italia) adalah salah satu bangsa yang berasal dari Afrika Utara (Libya) zaman dahulu pada abad ke 10 S.M. (Sebelum Masehi) sudah mulai menggunakan kota Lilybeo, kota sebagai tempat pelabuhan suplemen logistik pelayaran mereka terutama untuk air minum, dan dianggap sebagai kota Kerajaan Carthage ke dua terbesar setelah Carthage di Tunis. Setelah itu pada zaman Romawi pun daerah ini menjadi kota pelabuhan penting penghubung ke Afrika, oleh karena itu maka peninggalan bangsa Romawi Kunopun banyak ditemukan disekitar kota Marsala.

Relique kapal kuno bangsa Punic juga diketemukan di Pulau Mozia (salah satu pulau di Laguna Stagnone) pada bulan Mei tahun 1969 adalah sisa kapal perang kuno bangsa Punic yang diperkirakan tenggelam sekitar tahun 241 S.M. ketika terjadi perang di Pulau Egadi antara bangsa Punic yg mempertahankan kota Lilybeo dengan bangsa Romawi yang terkenal dengan The Punic War dimana Romawi akhirnya memenangkan perang tersebut sehingga kota Lilybeo menjadi kota Romawi. Diperkirakan kapal perang tersebut pada awalnya mempunyai panjang 35 m dan berkapasitas angkut 120 ton dan diatasnya terdapat 68 tempat duduk untuk para pengayuh, 34 tempat untuk setiap sisi dengan 17 lubang untuk pengayuh pada setiap sisinya. Kapal tersebut baru mulai diangkut keatas air pada tahun 1971 dengan menggunakan teknologi tinggi yaitu menggunakan bahan pengawet kimia PEG agar kayu yg telah beribu-ribu tahun terbenam dalam laut tersebut tidak hancur ketika dikeluarkan dari air laut yang asin ketika kontak dengan udara.

Didalam museum ini juga disimpan patung zaman Romawi Kuno yaitu Venus ketujuh yg telah ditemukan selama ini. Patung yang terbuat dari marmer ini di temukan pada tanggal 14 Januari 2005 ditempat penggalian arkeologi di Marsala, namun sangat disayangkan bahwasanya kondisinya sudah tidak lengkap lagi karena tidak terdapat wajah dan tangannya hilang.
Reports by Yenni L. Calvi
Photography and Edited by Pramudya Sulaksono

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map