Friday, February 23, 2007

Perubahan Gaya Hidup Orang Italia Dalam Mengkonsumsi Makanan


Dari survei asosiasi konsumen Italia, diantara 100 orang Italia 31 persen memilih makan roti (sandwich), 29 persen memilih pizza, 19 persen salad, 6 persen kesulitan uang membeli makanan dan sisanya makan di tempat yang sederhana (restoran).

Hasil survei ini sangat mengangetkan, dengan berbagai alasan, perubahan gaya hidup dalam mengkonsumsi makanan orang Italia kelas menengah ke bawah. Apakah masyarakat kelas ini merubah pola makannya karena sempitnya waktu, mengikuti gaya Amerika ataukah karena negara sudah semakin miskin?

Kembali menurut survei, pola full lunch telah berubah menjadi a single-serving lunch. Orang Italia memilih membawa makanan yang dibeli dari supermarket, telah dicuci, kering dan lebih murah, dari pada dibeli di bar yang lebih mahal dan harganya terus meningkat.

Catatan:
pada umumnya pola makan orang Italia terdiri dari 3 jenis yaitu :
- antipasto (hidangan pembuka),
- primo piatto (makanan pertama) dan
- secondo piatto (makanan kedua). Untuk antipasto biasanya adalah appetizer seperti cozze (kerang besar), involtini primavera (sejenis spring rolls atau lumpia kalau di rumah makan Cina) atau makanan makanan kecil pembuka lainnya.

Untuk primo piatto biasanya mereka memesan makanan sejenis pasta, risotto atau lasagna. Pada umumnya jenis makanan untuk primo piatto ini biasanya yang mengadung karbohidrat. Untuk Spaghetti banyak ragamnya seperti spaghetti alle vongole (spaghetti dengan kerang) atau spaghetti frutti di mare (spagheti sea food), spaghetti funghi porcini (spaghetti dengan jamur porcini) dan spaghetti mare monti (spaghetti laut dan gunung-- bahan bahan perpaduan antara hasil gunung seperti jamur dan sea food).

Untuk secondo piatto, biasanya ditawarkan di ristorante ristorante seperti bistik, vitella (sapi muda) atau manzo (sapi dewasa), ikan seperti spigola, oratta atau salmone atau fritura mista (udang, ikan dan cumi cumi).

Pada umumnya meskipun harga menu di tiap tiap restoran berbeda beda, tergantung, kelas dan lokasinya. Untuk primo piatto harga berkisar Euro 4, sedangakan secondo berkisar diatas Euro 7, apalagi kalau daging dan ikan tergantung dari besar porsinya per gramnya.

Di Italia terdapat bermacam macam tempat makan, ada yang disebut dengan snack bar, tavola calda (hot table), ristorante dan tratoria (restoran dengan specialities).

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map