Wednesday, February 28, 2007

Bermain Salju di Campo Felice

Kota Roma memang tidak bersalju sewaktu musim dingin. Meskipun suhu peaknya mencapai -1 derajat Celcius tapi sangat jarang sekali turun salju. Menurut Pak Binsar Aritonang yang sudah lebih dari 30 tahun tinggal di Italia, dia bilang pernah sekali salju turun di Roma tapi sudah lama sekali, mungkin 28 tahun yang lalu katanya. Tidak seperti daerah utara Italia lainnya seperti Torino, Milano atau Bologna, nampaknya suhu di Kota Roma termasuk lebih hangat. Ini karena posisi Kota Roma dekat sekali dengan pantai Laut Mediterrania yang cukup hangat.

Namun agaknya penduduk Kota Roma tidak usah bersusah payah berjuang untuk membersihkan salju di rumah-rumah mereka, karena salju itu ternyata sangat menjengkelkan. Mungkin bagi orang orang tropis seperti Indonesia barangkali kalau melihat salju akan terasa senang sekali, karena Indonesia yang tropis tidak mempunyai musim dingin apalagi salju. Hidup di dalam lingkungan bersalju itu sebenarnya susah, mana harus menyekop jalanan yang dihalangi salju, belum lagi mobil harus dipasang rantai, dan salju itu tidak main main, karena salah kostum sedikit kita bisa jatuh sakit, belum lagi suasana yang becek akibat salju yang sudah mencair.

Beruntung di bagian tengah semenanjung Italia tepatnya sekitar 1,5 jam dari kota Roma pegunungan Alpenina (alpen kecil) bujuran pegunungan di tengah dari Regione Umbria, Marche hingga Abruzzo pada saat musim dingin selalu diselimuti salju. Ada 2 point tempat untuk menikmati salju atau berolahraga ski yaitu di Terminillo dan Campo Felice.

Campo Felice artinya adalah Campo adalah ground dan Felice artinya felicity dengan kata lain adalah tempat untuk bersenang senang. Seluruh bukit dan lembah nya praktis diliputi salju yang lumayan tebal waktu musim dingin.

Untuk mencapai ke Campo Felice adalah dari Roma menuju ke autostrada jurusan Roma-L'Aquila dan Teramo di Regione Abruzzo. Sebelum mencapai L'Aquila setelah menerobos terowongan yang lumayan agak panjang langsung keluar (uscita) ke kiri menuju lokasi Campo Felice ini.

Pengalaman untuk menuju ke sana sebaiknya mempersiapkan diri dengan peralatan anti salju seperti spatu boot, jacket yang tebal khususnya lapisan yang tahan salju, kaos tangan yang anti dingin, soalnya banyak macam sarung tangan namun disarankan yang benar benar efektif anti beku. Diperlukan juga topi untuk menghindari kepala dari salju (apabila ada yang main main lemparan salju).

Pada saat tertentu petugas jalan akan membersihkan jalanan dan menyapu salju yang menutupi jalan sehingga mobil tidak perlu dilengkapi dengan rantai. Yang perlu diperhatikan lagi adalah hati hati terhadap salju karena salju yang mengembang ternyata kalau diinjak dengan sepatu akan terasa bahwa yang dipijak iyu sebnarnya adalah dalamn juga. Usahakan cari tempat yang aman. Selamat bermain salju.
reports and photos by Pramudya Sulaksono

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map