Saturday, May 4, 2013

Let's Go To Bangkok


SAWASDEE KRUP!


Sapaan khas yang selalu kita dengar sejak kita menapak di Bumi Siam ini adalah Sawasdee khrup! (untuk laki-laki dan Sawasdee khra! baca: kha!...untuk perempuan) yang berarti greetings untuk mengucapkan selamat (datang) kepada para semua orang terlebih-lebih kepada turis. 

Bangkok merupakan ibukota dari Thailand yang terletak di Asia Tenggara, hanya sekitar 3 jam penerbangan dari Jakarta. Kondisi cuaca, geografis tidak jauh beda dengan Jakarta membuat banyak orang Indonesia menjadikan Bangkok sebagai tujuan wisata dan belanja, hal ini didukung dengan banyaknya promo tiket murah dari berbagai maskapai penerbangan. 

AIRPORT

Suvarnabhumi Airport adalah bandar internasional Bangkok  yang artinya The Golden Land dengan desain modern sehingga bisa menampung lalu lintas pesawat lebih banyak dibandingkan Bangkok International Airport yang merupakan bandara sebelumnya. Tidak bisa dipungkiri kalau Bangkok menjadi tujuan wisata dunia, sehingga banyak maskapai penerbanganpun menyinggahi Bandara internasional ini. 

Nama Suvanabhumi diambil dari Bahasa Sansekerta Suvarnabhumi (pronounced [sù.wān.nā.pʰūːm]) sama dengan ucapan Bahasa Sansekerta atau Swarnadwipa (sebutan untuk Pulau Sumatera yang dianggap sebagai Pulau Emas. Bandara baru ini  menggantikan Bandara Internasional Don Muang yang berada di sebelah Utara Kota Bangkok yang sekarang hanya dipergunakan untuk penerbangan domestik. Setelah mengalami beberapa kali penundaan, bandara ini akhirnya mulai dibuka secara terbatas pada tanggal 15 September 2006 dan seluruhnya pada tanggal 28 September 2006.

Bandara ini terletak di Racha Thewa, di Distrik Bang Phli, Provinsi Samut Prakan, sekitar 25 kilometer sebelah timur Bangkok. Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya tanah emas. Bandara ini mempunyai menara kontrol dengan tinggi 132,2 meter, menjadikannya sebagai bandara dengan menara kontrol tertinggi di dunia.
Luas terminal bandara (563.000 meter persegi) juga menjadikannya sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah Bandara Internasional Hong Kong.

Di Asia, bandara ini juga menjadi bandara tersibuk keempat di bawah Bandar Udara Internasional Haneda, di Jepang, Bandar Udara Internasional Beijing dan Bandar Udara Internasional Hong Kong. sayang Bandara International di Jakarta tidak diperhitungkan.

Seperti sebelum-sebelumya, saya selalu booking  sebuah apartemen yang berada di daerah sibuk khususnya untuk bisnis dan hiburan yang terkenal di Kota Bangkok, yaitu di Soukhumvit Road. Dari Airport menuju area Soukhumvit berdasarkan  pengalaman saya berbagai jasa transportasi antara lain dapat dilakukan  sbb :
  1. Taxi Limousin (Mercedez Bens) : B 1.000
  2. Airport Taxi (yang dikelola Airport) : B 500 (letaknya di pintu arrival)
  3. Taxi Meter Biasa (di luar dipintu departure terus nyeberang) harganya sesuai Argo + surchage (B 54) + Toll 1 (B25) + Tol 2 (B 40) kalau ke Soukhumvit Soi 4 (Omni Tower) cuma B 250 totalnya.
  4. Airport Link Phaya Thai, Train to the downtown (berhenti di stasiun Pratunam) – repot kalau mau ke Hotel
  5. Terdapat juga bus dengan berbagai arah dan kita bisa milih jalur bus yang terdekat
  6. Jalan kaki (gak nyampe nyampe ampe gempor)

HOTEL. APARTEMEN/RESEDENCE


Setiap kali ke Bangkok ibaratnya pulang kampung, saya selalu menginap disebuah apartemen/residence, terletak di daerah ramai (Business dan Hiburan) Soukhumvit Road, lokasinya tidak jauh dari stasiun NANA dan Ploencit Skytrain Station yang bisa menghubungkan ke beberapa tempat mall-mall terkemuka di Bangkok. Mengapa saya memilih apartemen/residence ini karena luas kamarnya lebih besar dan lega, karena setiap unitnya terdapat kitchen, living room dengan sofa, sehingga kalau breakfast tidak inclusive kita bisa masak atau manasin makanan yang kita beli. Apalagi kalau kita bepergian dengan rombongan kecil. Disekitar nya juga terdapat tempat-tempat hiburan, orang-orang jualan, tempat makan dan shopping center.

Untuk booking bisa dilakukan secara online.  Kalau di websitenya, harga sesuai standard apartemen tanpa harus di debet,  bisa dibuka di situs http://www.omnibangkok.com/, atau bisa juga melalui booking online lainnya yang langsung di debet (agoda.com dll)

Type Kamar bervariasi tergantung dengan kebutuhan dan budget. Untuk Studio  kamar seluas 32 m2 lengkap dengan tempat tidur, kitchen, sofa dan kamar mandi dalam satu ruangan; One Bedroom (1 bedroom, living room dengan sofa dan TV), kitchen, 1 kamar mandi, luas kl 56m2 )  harga variasi sekitar (US$ 66 plus Gov tax 15%); Two Bedrooms (2 bedrooms, living room dengan sofa dan TV), kitchen, 1 kamar mandi), dengan catatan bahwa kondisi kamar ada yang yang sudah direnovasi ada yang lama ini sangat mempengaruhi harga, bisa juga memsan extra bed, termasuk maid untuk bersih-bersih kamar atau breakfast inclusive/exclusive (cek di websitenya)

TEMPAT-TEMPAT YANG DAPAT DIKUNJUNGI DI BANGKOK:
WISATA:

Mengunjungi Bangkok bisa dengan cara mengikuti tur atau pribadi. Keuntungan mengikuti tur, anda tidak direpotkan untuk mengurus tiket pesawat, pemesanan hotel, akomodasi, tempat makan dan sebagainya. Namun dengan mengikuti tur, biasanya anda akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Jika anda mengunjungi Bangkok secara perorangan, anda akan bebas menentukan maskapai penerbangan, hotel, tempat tujuan ataupun lama waktu di tempat yang anda kunjungi walau anda harus melakukan pemesanan tiket dan hotel sendiri serta mempersiapkan dan meneliti akomodasi dan tempat tujuan yang akan anda kunjungi terlebih dahulu. Karena kebetulan saya sudah melakukan perjalanan wisata ke Bangkok dalam hitungan lebih dari 20 kali saya lebih suka mengatur tujuan wisata atau tujuan ke mana saya akan tu

PATTAYA BEACH :

Thai pronunciation: [pʰát.tʰā.jāː]) merupakan suatu kota resort pantai di Thailand, yang sangat popular sebagai tujuan wisata bagi turis-turis asing. Letaknya berada di Teluk Thailand atau sekitar 130 km ke selatan Bangkok  yang merupakan wiayah administrasi  Amphoe Bang Lamung (Banglamung) di Provinsi Chonburi


Hal yang bisa dilakukan  di Pattaya adalah nongkrong di tepi pantai sambil duduk-duduk dibawah tenda, tempat duduk dibayar dengan cara memesan minuman, ada yang ditawarkan seperti kepiting goreng dan makan-makanan lainnya. Ada juga jasa tukang pijat untuk pelepas lelah. Kita juga bisa juga berenang atau main air. Kalau suka shopping, kita juga dapat berbelanja di Central Festival Patayya Mall yang terletak tidak jauh dari pantainya. Seperti di bali, di Pattaya juga terdapat Hard Rock Beach Club. Tidak ketinggalan seperti halnya kota-kota wista di Thailand, Pattaya juga menyuguhkan hiburan malam buat turis  seperti di Patpong lengkap dengan go go girls ( go go boys juga tersedia). Untuk Restaurant cari makanan khas Thai di Restoran Baan Thai (lokasi cari sendiri). 

Untuk ke Pattaya bisa dilakukan antara lain seperti Naik Taxi (tergantung penawaran sekitar B1000-1500 one way masing-masing sopir taxi beda-beda penawarannya) kalau orang banyak lebih baik naik innova (kijang), bisa juga naik Bus, lebih murah per orang B200-300 dari stasiun BTS Skytrain di Soukhumvit Line yaitu Ekkamai.  

AYUTTHAYA :  

Diucapkan  "Ayudhya", merupakan ibukota Provinsi Ayutthaya province yang berlokasi di lembah yang dilalui sungai Sungai Chao Phraya. Kota tersebut dibangun pada tahun 1350 M oleh Raja U Thong, yang pindah kesana karena adanya wabah cacar di Lop Buri dan memproklamirkan sebagai ibukota kerajaan yang kerap kali disebut sebagi Kerajaan   Ayutthaya atau  Siam. Ayutthaya kemudian menjadi ibu kota kedua setelah  Sukhothai. Sisa-sisa peninggalannya dikarakteristikan dengan  menara yang mencerminkan kegemilangan kerajaan tersebut pada saat kebesaran Ayutthaya pada tahun  1600 dimana penduduknya berkisar 300,000, dan menjadi 1,000,000 pada tahun 1700, sehingga membuat kota itu sebagai salah satu kota terbesar di dunia waktu itu (sekitar tahun 1767). 


Namun sayangnya kota itu hancur akibat diserang oleh tentara Burma yang menyebabkan ambruknya kerajaan itu. Taman bersejarah Ayutthaya merupakan sisa-sisa bekas peninggalan ibu kota Kerajaan Siam itu. Di kota itu juga merupakan tempat pembantaian massa, pembunuhan, perkosaan dan perbudakan masyarakat Siam dan kehancuran kota Ayutthaya  oleh Burma tahun 1767. Kemudian kota yang kaya akan karya seni dan bangunan tersebut diakui secara internasional sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Kota Ayuttahaya dibangun kembali khususnya di bagian timur dan dikenal sebagai Venezia dari Timur.

Untuk menuju ke Ayutthaya kita bisa menyewa taxi, tetapi sebelumnya  sebaiknya tanyakan dulu berapa Baht kita dapat menyewa taxi sekalian sopirnya untuk kunjungan sehari ke Ayutthaya. Perjalanan dari Bangkok Ayutthaya sekitar 1,5 -2 jam. Kita juga dapat melakukan kunjungan ke Ayutthaya melalui tour. Harga bisa dilihat di hotel yg menyelenggarakan tour, biasanya kalau mengikuti tour, kita berangkat pagi jam 08.00 untuk kemudian berangkat naik bus. Pulangnya bisa naik boat sembari makan siang dalam boat. Namun, mengingat luasnya kota Ayutthaya dimana banyak terdapat peninggalan-peninggalan seperti wat/candi dan peninggalan-peninggalan lainnya, kalau kita menyewa taxi kita bisa keliling dan meninjau lokasi-lokasi lainnya seperti Wat Yan Chai Mongkok.




GRAND PALACE: 

Thailand menganut sistem Monarki-Konstitusional dimana sistem kerajaan masih berlaku walau tidak mempunyai kekuasaan dalam pemerintahan. Sehingga Grand Palace merupakan tempat wisata yang perlu dikunjungi oleh para wisatawan. Kompleks Grand Palace mulai berdiri sejak tahun 1782 yang terdiri dari tempat tinggal keluarga kerajaan, beberapa gedung pemerintahan serta kuil Emerald Buddha. Namun area yang dapat dimasuki oleh pengunjung terbatas pada kuil yang digunakan untuk tempat sembahyang dan upacara keagamaan. Ornamen-ornamen yang digunakan dalam kompleks Grand Palace banyak yang menggunakan lapisan atau terbuat dari emas asli yang menambah keindahan bangunan-bangunan tersebut. Lokasi kompleks ini tidak jauh dari sungai Chao Praya, karenanya anda dapat berjalan kaki menuju sungai dengan melewati pasar tradisional yang menjual makanan dan buah-buahan khas Thailand yang sayang anda lewatkan.




BOATING CHAO PHRAYA RIVER /The Temple of Dawn)

Kita bisa lakukan dengan naik boat mengitari sungai Chao Phraya sekalian mampir ke Temple of Dawn. Buddha merupakan agama mayoritas di Thailand sehingga salah satu tempat wisata andalan di Bangkok adalah Wat Arun. Wat Arun atau Temple of Dawn merupakan kuil Buddha yang terletak di sungai Chao Phraya. 
Untuk mencapai kuil Wat Arun, transportasi terbaik adalah dengan menggunakan perahu karena letaknya yang berada pinggir sungai. 


Sebelum menuju Wat Arun, anda bisa menyusuri sungai Chao Praya dengan menggunakan perahu dan melihat pemandangan sekitar sambil berbelanja souvenir ataupun buah-buahan yang dijual oleh pedagang dari perahu mereka. Ada kepercayaan setempat jika anda bisa melihat ikan patin berwarna putih keperakan, dipercaya anda akan mendapatkan keberuntungan. Anda juga dapat menikmati Dinner Cruise dengan menyusuri keindahan sungai ini di waktu malam dengan perahu khusus.


Keindahan kuil Wat Arun adalah pagoda setinggi 79 meter yang bisa anda lihat dari sungai Chao Praya, yang semakin terlihat indah jika anda saksikan pada saat matahari terbenam. Dengan perahu/boat ini kita selain ke Wat Arun kita juga lebih cepat mencapai tujuan ke Grand Palace ketimbang naik taxi atau kendaraan umum, hal ini dikarenakan lalu lintas Bangkok sangat padat dan macet.

FLOATING MARKET 

(ikut half day tour di tour package hotel) loetaknya di luar kota, lha aku aja belum sempet kesana meskipun ke BKK sudah ke-21 kali.










MALL/SHOPPING CENTER/BELANJA


MBK CENTER : 

Mah Boon Krong (MBK), pusat perbelanjaan yang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan Indonesia. Pusat perbelanjaan ini bagaikan ‘Mangga Dua’- nya atau ITC/Mall Ambassador di Jakarta. Disini anda dapat menemukan berbagai macam barang dengan harga yang jauh lebih murah seperti pakaian, sepatu, elektronik, aksesoris dan sebagainya. Bagi anda penggila belanja, seharian di tempat ini akan terasa kurang tetapi di tempat ini, jangan lupa untuk menawar setiap harga yang diberikan untuk mendapatkan harga yang terbaik. 

Bahkan di hari-hari tertentu anda dapat menyaksikan pertandingan Thai Boxing yang diadakan di pelataran halaman MBK ini, pertandingan ini dilakukan baik bagi petinju pria dan wanita yang berasal dari Thailand maupun Negara lainnya.

Arah Skyline BTS: Nana ke Mo Chit Line (Nana-Ploenchit-Chit Lom-Siam pindah ke Silom Line jurusan National Stadium), bisa juga turun di Siam terus lewat pedestrian diatas.

SIAM PARAGON/SIAM CENTER/SIAM DISCOVERY: 

Letaknya juga tidak jauh dari MBK Center. Kawasan  ini terdiri dari tiga kesatuan mall yang menyatu, Siam Paragon yang paling besar. Mulai Desember 2010, Bangkok memiliki Museum Lilin Madame Tussauds dimana memamerkan patung-patung lilin selebritis dunia, baik dari Asia maupun Hollywood. 

Museum ini terletak di lantai 6 Siam Discovery yang cukup mudah dikunjungi bagi anda yang ingin melihat dan berfoto bersama dengan Brad Pitt, Angelina Jolie, Beyonce, David Beckham, Michelle Yeoh, Leonardo diCaprio, Doraemon dan lain sebagainya. Di lantai dua anda dapat melihat cara pembuatan patung lilin serta souvenir khas Thailand. Museum ini tidak terlalu besar sebagaimana yang dibayangkan sebelumnya sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengelilingi seluruh tempat ini. Di dalam Siam Discovery ini, juga terdapat Siam Ocean World yang sangat menarik bagi anak-anak yang ingin mengetahui tentang keindahan dan habitat laut.


Arah Skyline BTS: Nana arah Mo Chit Line (Nana-Ploenchit-Chit Lom-Siam).

CENTRAL WORLD/GEYSORN PLAZA/ERAWAN: 

CENTRAL WORLD adalah Mall terbesar dan Termegah di Bangkok. Pada waktu kerusuhan mall ini pernah kebakar, namun setelah direnovasi justru menjadi yang paling besar di Bangkok. Mall ini dilengkapi dengan 2 tenants superstore yaitu ZEN dan ISETAN


GAYSORN terletak di depan Central World dan terdapat gallery/boutique-boutique branded terkenal di dunia seperti Versace, Gucci, Prada dlsb. Meskipun branded sayang sekali mall ini jadi kurang ramai untuk dikunjungi.


Arah Skyline BTS: Nana arah Mo Chit Line (Nana-Ploenchit-Chit Lom-Siam).

PLATINUM 

(Sama dengan MBK, Ambassaodornya Bangkok juga dan harganya lebih murah) sebaiknya naik Taxi karena arahnya tidak dilalui BTS tapi letaknya tidak jauh dari Central World atau dekat juga Pasar Pratunam.




CHATUCHAK MARKET :

Pasar yang juga diserbu turis dan orang-orang Indonesia karena lengkap dan murah bentuknya pasar tapi luas, kalau kesana sebaiknya jangan terlalu siang, panas cyinnn….Chatuchak Market yang merupakan tempat berkumpul penjual-penjual dengan beraneka ragam dagangannya disini. Chatuchak market merupakan pasar tradisional terbesar di dunia yang hanya diselenggarakan setiap akhir pekan. 

Disini anda dapat membeli segala macam barang dan makanan. Jangan berharap untuk merasakan kesejukan pendingin ruangan karena di pasar ini anda akan berdesakan dengan banyak orang di bawah panas matahari kota Bangkok. Banyaknya penjual dan pembeli di pasar ini menyebabkan padatnya lalu lintas di dalam pasar namun ini kesempatan yang sayang anda lewati jika anda berakhir pekan di kota Bangkok. Bagi yang muslim terdapat juga warung muslim dari Thailand Selatan yang menyajikan Halal Food dengan sajian yang tidak jauh dari selera kita, seperti nasi goreng, petai, spicy beef, nasi briyani dll.

How to get there: dari Nana ke satu Stasiun berikutnya Assoke (Bearing Line) terus pindah ngerong ke MRT (jurusan Bang Sue) turun di Chatuchak Market (kadang gak jelas ada juga yang nulis Jatujak)

PRATUNAM MARKET : Pasar Dalam Kota ada yang tradisional ada yang mall letaknya di Pratunam

PATPONG /SILOM/SURIWONGSE : 

Hiburan malam pasar malam ditengah tengah tempat huburan mesum patpong, banyak jual kaos, jam tangan kw, tas dan pernik unik lainnya sementara dipinggirnya tempat hiburan laki-laki hidung belang karena banyak terdapat Go Go Girls dengan cewek-cewek yang pakai bikini dan no dadanya.  Kalau gay banyak di Soi 1 Silom (DJ station). Kehidupan malam Bangkok sangat ramai namun semua kegiatan wajib dihentikan pada jam 2 pagi sebagaimana ketentuan dari pemerintah setempat.

HIBURAN LAINNYA

CABARET SHOW

Thailand terkenal sebagai tempat yang mudah dan murah untuk melakukan operasi plastik terutama operasi ganti kelamin, baik dari pria ke perempuan ataupun sebaliknya. Karenanya Cabaret Show menjadi salah satu pertunjuk]kan panggung yang menjadi daya jual di Thailand, begitu juga Bangkok.

Cabaret Show merupakan pertunjukan tari dan musik yang dilakukan para ladyboys atau transgender. Kunjungan anda ke Thailand tidaklah lengkap tanpa menyaksikan pertunjukan ini, para transgender terlihat sangat cantik, anggun dan profesional. Ada beberapa tempat yang menyelenggarakan pertunjukan ini yang dilakukan setiap hari dan rata-rata terdapat 3 pertunjukan setiap harinya. Setidaknya ini merupaka pengalaman bagi anda untuk mengetahui sedikit tentang kehidupan malam di Bangkok.

LOKASI : HOTEL ASIA
TICKET BISA DIPESAN DI TOUR AND TRAVEL TERDEKAT HARGA SEKITAR  B 1.500

TAXI : Bangkok Taxi sudah mulai nakal kerana kondisi Bangkok yang macet, kita tanyain dulu pakai argo gak (METER), dan mereka banyak yang tidak bisa bahasa Inggris, ada juga yang bisa tapi cuma ala kadarnya. Biasanya mereka minta tanpa argo sekitar 100-250 Baht untuk jarak dalam kota, kalau banyak orang she worth it lah…. Karena 100 Baht = sekitar Rp 30.000.
Jajanan di tepi jalan seperti sate, kelapa muda, mangga harga sekitar 20-40 Baht.

TUK – TUK: Angkutan ini meskipun murah tapi suka minta kesempatan untuk mampir ke industri-industri/gallery permata, silver, emas, dll. Dengan mampirnya supir Tuk-tuk membawa tamu ke industri-industri/gallery tersebut biasanya mereka mendapat kupon yang bisa ditukaran dengan uang, semakin banyak bawa tamu ke tempat-tempat itu semakin banyak supir tuk-tuk ini dapat kupon, akibatnya kita yang dirugikan kita tidak membeli, waktu kita habis hanya untuk melihat-lihat gallery sementara sopir tuk-tuk berusaha merayu kita untuk mamir sehingga supir tuk-tuk tsb dapat kesempatan mengumpulkan kupon.

MAKANAN KHAS THAI:

PHAD THAI : Mie Goreng a la Thailand

TOM YUM GUNG : Sup Udang/Seafood Asem Pedas

CHICKEN GREEN CURRY : Curry hijau dengan ayam (my fave!)
PINAPPLE FRIED RICE : nasi goreng nanas
MANGO SALLAD : salad mangga

MATA UANG

BAHT : US$ 1 = sekitar B 28 (terakhir), sebaiknya jangan nukar Rupiah, nilainya jatuh (kasih tahu Ortu Tuh).

7 ELEVEN : convenient store banyak terdapat di tiap-tiap sudut kota

BANGKOK TRAIN SYSTEM (BTS SKYLINE)














BANGKOK MRT




1 comment:

  1. Lengkap n menarik negara Bangkok,setelah dilengkapi dengan foto2 waow sunggguh menakjubkan.Pinter kamu Son dalam posisi apapun tepat posisi fotonya.Oke tulisanmu.
    ettyendangs@yahoo.com

    ReplyDelete

MapLoco


Visitor Map