Wednesday, November 12, 2008

Kemenangan Obama di Mata Pemimpin-Pemimpin Italia

Roma (ITALIA-ANSA) Kemenangan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih dari Partai Demokrat, telah memunculkan berbagai tanggapan yang disampaikan oleh berbagai kalangan pemimpin-pemimpin politik di Italia.

PM Italia Silvio Berlusconi dalam pesan tertulisnya telah menyampaikan ucapan selamat kepada Obama sehubungan dengan terpilihnya Obama sebagai Presiden AS setelah berhasil melewati masa-masa sulit selama kampanye pemilihan Presiden AS. Berlusconi yakin bahwa hubungan persahabatan dan kerjasama antara Italia dan AS akan tetap terjalin dan bahkan lebih erat lagi. Dalam pesan tersebut Berlusconi juga menyatakan bahwa Italia masih merupakan sekutu setia AS dan tidak pernah melupakan sejarah yang tercatat oleh AS dengan Italia dan Eropa.

Sementara itu, Presiden Giorgio Napolitano menyebutkan bahwa kemenangan Obama adalah sebagai suatu kemenangan yang besar. Dalam pesannya, Napolitano menyatakan bahwa Italia merasakan adanya kedekatan hubungan historis, politik, budaya serta sosial dengan masyarakat AS. Menurut Napolitano, kemenangan tersebut merupakan suatu harapan bagi kebebasan, perdamaian dan tatanan dunia baru yang lebih aman dan adil. Bersama Rakyat Italia, Napolitano juga terkesan pada kekuatan dan vitalitas demokrasi AS yang terasa sejak kampanye pemilihan presiden, pemungutan suara hingga menghasilkan presiden baru yang berkomitmen terhadap pembaruan yang ideal.

Menlu Franco Frattini juga berpendapat bahwa kemenangan Obama yang luar biasa tersebut diharapkan dapat meningkatkan kedekatan AS dengan Italia dan negara-negara Eropa lainnya. Frattini berharap agar Obama lebih berkomitmen kepada Eropa melalui NATO , khususnya dalam menangani masalah Afghanistan.

Pemimpin Oposisi Tengah-Kiri Partai Demokratik (PD), Walter Veltroni juga telah menyampaikan ucapan selamat kepada Obama dan menyatakan bahwa kemenangan tersebut merupakan suatu peristiwa yang luar biasa yang diharapkan dapat mengubah dunia dan sejarah AS menjadi lebih baik. Menurut Veltroni, Obama merupakan cerminan dari pemimpin baru AS yang melambangkan kemenangan hati dan nurani masyarakat AS, sehingga dapat memperkuat pandangan dunia atas kemajuan solidaritas, kesetaraan dan pembangunan berkesinambungan.

Suara sumbang terdengar dari pernyataan Maurizio Gasparri, Pemimpin PdL (People’s Freedom Party), yang menyatakan bahwa Organisasi Al Qaeda lah yang menyambut gembira atas kemenangan Obama. Namun sesudahnya, para pemimpin oposisi Tengah-Kiri menyerukan agar Gaspari yang juga anggota Aliansi Nasional Sayap Kanan meminta maaf dan mencabut pernyataan tersebut serta mempertanyakan apakah pernyataan Gasparri merupakan cerminan dari sikap Pemerintah Italia. Gasparri kemudian memperjelas pernyataannya bahwa yang bersangkutan Gasparri lebih yakin akan “keampuhan” kebijakan Partai Republik AS dalam memerangi terorisme internasional.

Berlusconi merupakan salah satu sekutu terkuat dan teman terdekat Presiden George Bush di Eropa. Berlusconi mengutarakan bahwa apabila bertemu dengan Obama maka Berlusconi akan “memberikan nasihat” kepada Obama mengingat usia dan pengalaman Berlusconi yang menurutnya lebih banyak pengalaman- Bahkan Berlusconi mengkomentari bahwa sosok Obama sebagai sosok yang "young, handsome and tanned".

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map