Wednesday, October 1, 2008

Masyarakat Indonesia Merayakan Hari Kemenangan Idul Fitri di Roma

Seperti halnya tahun lalu, maka Lebaran di Roma telah ditepkan oleh Islamic Center di Roma bahwa Lebaran jatuh pada hari Selasa tanggal 30 September 2008. Umat Islam khususnya masyarakat Indonesia yang berdomisili di Roma merayakannya bersama sama dengan penuh khidmat di Wisma Indonesia, KBRI Roma. Dengan didahului shalat Ied, masyarakat muslim Indonesia juga beberapa diantaranya beberapa rekan dari negara negara sahabat turut hadir dalam Shalat Iedul Fitri tersebut.

Bertepatan dengan umat muslim merayakan hari kemanangannya setelah sebulan menjalankan ibadah puasa, di KBRI juga telah diadakan upacara serah terima Duta Besar RI untuk Republik Italia, Malta, Cyprus dan Organisasi Internasional (FAO, IFAD dan WFP), Susanto Sutoyo kepada Deputy Chief of Mission KBRI Roma, Yuwono Agus Putranto yang akan memimpin KBRI Roma hingga KBRI Roma mendapatkan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh yang baru. Acara diadakan di Ruang Borobudur dengan disaksikan Home staff, local staff dan Darma Wanita Persatuan KBRI Roma. Menurut rencana Duta Besar Susano Sutoyo akan kembali ke Indonesia pada tanggal 5 Oktober 2008. Dubes Susanto Sutoyo telah menduduki jabatan Duta Besar RI di Roma sejak bulan Juni 2005.

Selanjutnya setelah acara serah terima, bertempat di Wisma Indonesia. Duta Besar RI Roma beserta staff membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia di seluruh wilayah akreditasi KBRI Roma untuk bersilaturahmi dalam acara Open House. Open House digelar mulai pukul 11.30 hingga selesai. Tentu saja tidak semua masyarakat Indonesia yang tinggal di Italia dapat hadir di KBRI Roma mengingat lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, namun minimal beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal di Roma dan sekitarnya seperti Viterbo, Porto San Stefano nampak hadir. Dengan hidangan lebaran seperti opor ayam, lontong, sambal goreng ati, sambal goreng krecek, krupuk melengkapi citra masakan Indonesia. Meskipun diakui karena terjadi spekulasi waktu lebaran yang baru diketahui sore harinya (Senin, 29 Sepetember 2008) menyebabkan kurangnya variasi yang disajikan, bahkan kue kue lebaran yang tersajipun kurang bervariasi.

Rencananya, Rabu (1 Oktober 2008) malam akan digelar Open House yang sama oleh Duta Besar RI Vatikan di KBRI Vatikan. Inilah uniknya satu satunya kota di dunia yang mempunyai dua KBRI, meskipun dengan ruang lingkup pekerjaan yang berbeda. Sementara tanggal 3 Oktober 2008 pukul 19.00, di KBRI Roma juga akan digelar Perpisahan dengan Duta Besar RI Roma, Susanto Sutoyo dengan mengundang masyarakat Indonesia di Roma. Deputy Chief of Mission (DCM) atau Wakeppri KBRI Roma juga akan menggelar Open House untuk masyarakat Indoensia di Roma dan sekitarnya pada hari Sabtu siang, pada pukuk 12.30.

No comments:

Post a Comment

MapLoco


Visitor Map